Membahas tentang bahasa tubuh, tentu dari kita semua ingin percaya bahwa pasangan kita menyampaikan apa yang mereka pikirkan dan rasakan dengan kata-kata, namun pada dasarnya itu tidak selalu terjadi.

Jika Anda ingin bisa memahami orang yang anda sayangi, Anda tidak hanya harus mendengarkan apa yang mereka katakan, tetapi juga melihat apa yang dikomunikasikan oleh tubuh mereka.

Atau kalau kamu masih kurang paham, isyarat bahasa tubuh melukiskan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam suatu hubungan daripada apa yang sebenarnya diucapkan.

Dari cara seseorang berpegang, pada saat mereka berpelukan, bahasa tubuh dapat mengekspresikan semua hal yang saat itu sedang dipikirkan, tanpa harus diungkapkan melalui kata-kata.

Ingin tahu apakah tangan, mata, kaki, dan juga senyum pasangan kamu menyiratkan adanya masalah yang terjadi? berikut saya telah mengumpulkan isyarat bahasa tubuh yang dikatakan para ahli yang bisa saja merupakan sebuah masalah yang disembunyikan oleh pasangan kamu.

1. Kaki mereka menjauh dari kamu ketika kamu berbicara

kaki pasangan menjauh saat didekatmu

iStock

Jika kamu khawatir tentang status hubunganmu saat ini, lihat bagaimana pasangan kamu duduk saat sedang berbicara.

“Jika pasangan anda secara konsisten memalingkan kaki dan tubuhnya dari anda ketika berbicara, maka dia mungkin kehilangan minat pada anda,” dikatakan Jon Rhodes, seorang ahli hipnoterapis klinis di Inggris.

“Dia mungkin masih akan memalingkan kepala ke arahmu untuk seakan terlihat bersikap sopan, tetapi kaki dan tubuhnya mengatakan ingin menjauh darimu.”

2. Sering menggigit bibir

pasangan menggigit bibir

iStock

Walaupun pasangan kamu mencoba menutupi perasaannya yang sebenarnya, bahasa tubuhnya pasti akan segera terungkap.

Dan meskipun semua orang menunjukkan kegugupan dengan cara yang berbeda, pakar bahasa tubuh yang berbasis di Washington, Janine Driver, saat menggigit bibir “mengatakan bahwa [pasangan Anda] menahan sesuatu.”

3. Menyilangkan kaki

pasangan menyilangkan kaki

iStock

Ketika kamu dan pasangan melakukan percakapan yang serius, hal pertama yang harus kamu lihat adalah kaki mereka bersilang atau tidak.

Mengapa? Sebagai psikolog Travis Bradberry, presiden TalentSmart di San Diego, mengatakan tindakan tersebut “menandakan bahwa seseorang secara mental, emosional, dan fisik tertutup.”

Dia juga menambahkan, “Itu tidak disengaja, itulah sebabnya hal itu sangat terbuka.”

4. Memalsukan senyum

pasangan memalsukan senyuman

Shutterstock

Orang-orang dalam hubungan yang bahagia tidak harus memalsukan ketertarikan mereka. Jadi, melihat pasangan kamu dengan “senyuman yang tidak naik ke mata mereka” biasanya merupakan pertanda yang cukup baik bahwa sesuatu dalam hubungan/percakapan itu salah, menurut psikoterapis Virginia dan pelatih hubungan Toni Coleman, LCSW, CMC.

5. Menarik nafas panjang setiap waktu

pasangan menarik nafas panjang

iStock

Percaya atau tidak, ada juga isyarat bahasa tubuh dalam suara dan intonasi pasangan kamu. Dan, menurut Coleman, satu indikasi utama bahwa sesuatu dalam hubungan tidak aktif adalah ketika pasangan kamu menambahkan “suara-suara yang tidak terdengar seperti desahan, jeda, dan keheningan yang tidak pernah menjadi masalah” dalam setiap percakapan.

6. Berusaha menjauh saat sedang bersama

pasangan berusaha menjauh

iStock

Kedekatan emosional sering dicerminkan oleh kedekatan fisik, jadi perhatikan seberapa banyak ruang yang diberikan pasangan kamu ketika pergi makan malam ataupun hanya bersantai di sofa.

“Salah satu tanda postur yang mengatakan hubungan tidak akan bertahan lama lagi adalah bersandar secara halus menjauh dari pasangannya ketika duduk ataupun berdiri bersama,” kata Coleman.

7. Melakukan banyak gerakan dengan tangan kiri

pasangan melakukan banyak gerakan dengan tangan kiri

iStock

Apabila pasangan kamu menggunakan tangannya untuk memberikam sebuah isyarat, perhatikan tangan mana yang digunakan — kiri atau kanan.

Mengapa? “Terlalu banyak gerakan tangan kiri dikaitkan dengan seseorang yang merasa tidak nyaman dengan apa yang mereka katakan kepada Anda,” ungkap pakar bahasa tubuh Jan Hargrave kepada ABC News.

“Menggosok mata terlalu banyak dengan tangan kiri di mata kiri berkata, ”Jangan melihat dengan jelas apa yang saya katakan, karena saya tidak sepenuhnya jujur ​​dengan Anda.”

Pada dasarnya, jika kamu melihat pasangan kamu mulai terus menggunakan tangan kirinya, mungkin sudah waktunya untuk mulai mempertanyakannya dengan serius.

8. Pupil mata pasangan tidak melebar saat sedang menatapmu

pupil mata pasangan tidak melebar

Shutterstock

Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science menemukan bahwa ketika kamu melihat seseorang yang kamu sukai secara seksual, mata kamu pasti langsung terbelalak. Itu dikarenakan pupil yang melebar adalah tanda dari sebuah gairah seksual.

Jadi, apabila kamu berpikir seorang pasanganmu kehilangan minat secara fisik, lihat saja mata mereka; tatapannya akan memberi tahu kamu apa yang ingin kamu ketahui.

9. Tidak pernah memberikan perhatian penuh?

pasangan tidak pernah memberikan perhatian penuh

Shutterstock

Pada dasarnya, apabila pasangan kamu adalah orang penting maka dia akan selalu melihat teleponnya setiap saat.

Akan tetapi jika kamu memperhatikan bahwa pasangan kamu sepertinya hanya memeriksa pemberitahuannya ketika kamu sedang berbicara, maka kamu harus segera melakukan pembicaraan serius tentang bagaimana hubungan tersebut akan berlangsung kedepannya.

“Jika pasangan Anda selalu menggunakan telepon selulernya — melihat di YouTube, Facebook, atau Instagram – mereka mungkin lebih fokus pada apa yang terjadi di sana daripada di dalam hubungan itu,” ungkap Katie Ziskind.

10. Tidak melakukan kontak mata

pasangan tidak melakukan kontak mata

Shutterstock

Kamu tidak harus selalu menatap pasanganmu dengan kurun waktu 24/7 selama hubungan tersebut berjalan dengan pasti, tetapi menurut Ziskind, apabila pasangan kamu tidak pernah melakukan kontak mata denganmu, itu bisa menjadi pertanda yang sedikit meresahkan.

“Ketika orang menghindari kontak mata, itu bisa berarti mereka berbohong atau terputus secara emosional,” katanya.

Jadi, apakah kamu pernah melihat pasangan kamu memberikan bahasa tubuh diatas tanpa sepengetahuan mereka? Jika pernah, silahkan tanyakan masalah apa yang terjadi sehingga dia bertindak seperti itu dan memberikan solusi agar hubungan menjadi semakin baik.